ISO 9001:2000

Standar mutu ISO 9001:2000 memberikan sejumlah besar fleksibilitas cara Anda mempersiapkan sistem kualitas Anda, termasuk dokumentasi yang diperlukan. Saya mendorong Anda untuk menyimpan dokumentasi kualitas sistem Anda untuk menjadi sesederhana mungkin. Yang perlu dipastikan, kualitas sistem dokumentasi Anda memenuhi persyaratan minimum dari standar kualitas ISO9001:2000, dan pastikan juga kualitas dokumentasi Anda memenuhi kebutuhan perusahaan Anda. Namun jika sistem Anda adalah sesuatu yang rumit dan sulit dari hal yang Anda perlukan, maka sistem Anda jauh di atas persyaratan ISO.

Kerumitan kualitas sistem Anda, sama saja membuatnya lebih sulit digunakan, sulit untuk diperbaharui, dan Anda akan memberikan lebih banyak auditor untuk memeriksa dan mencari-cari kesalahan. Dengan membuatnya terlalu rumit, Anda dan orang lain di perusahaan Anda akan perlu menghabiskan lebih banyak waktu untuk belajar dan mempertahankan sistem mutu Anda, kecenderungannya semakin sedikit mereka untuk melakukannya.

Ada 6 prosedur yang diperlukan dalam ISO9001:2000. Antara lain adalah sebagai berikut:
  • Kontrol Dokumen
  • Kontrol Rekaman
  • Pengendalian ketidaksuaian material
  • Audit internal
  • koreksi
  • Tindakan pencegahan

Selain hal itu, setiap prosedur tambahan adalah pilihan. Kadang-kadang Anda dapat memuaskan kebutuhan Anda secara manual, tanpa menulis sebuah prosedur terpisah untuk itu. Contohnya adalah memiliki persyaratan manajemen review secara periodik. Namun hal itu bukanlah sebuah persyaratan bahwa Anda memiliki prosedur terpisah untuk tinjauan manajemen. Anda dapat mendokumentasikan metode review manajemen Anda secara manual.

Anda harus pastikan mengikuti semua persyaratan baku mutu ISO9001:2000. Saya anggap Anda memiliki salinan dari standar, atau buku yang bagus yang memberitahu semua persyaratan tersebut. Ada banyak cara untuk membuatnya tetap sederhana. Satu hal lagi, usahakan bagian kualitas dan prosedur manual Anda maksimal 2-3 halaman. Lebih dari itu, saya pikir Anda melakukan pekerjaan terlalu banyak.

Saya juga akan merekomendasikan kepada Anda untuk menggabungkan Tindakan Perbaikan dan Tindakan Pencegahan, karena dua hal tersebut bisa sangat mirip. Anda dapat menggunakan salah satu bentuk kedua prosedur tersebut, dengan hanya mencentang kotak sebuah formulir untuk menunjukkan apakah sebuah "koreksi" atau "preventif". Mungkin Anda menemukan bahwa Anda dapat merampingkan dengan bentuk lain dan dengan cara yang sama. Anda ingin berusaha mencari tingkat kompleksitas terendah yang masih baru untuk keluar dari operasi perusahaan Anda.

Source: SME & Enterpreneurship Magazine

0 comments:

Post a Comment